Kamis, 12 Mei 2011

KONSEP DAN MEKANISME PENYERANGAN

Berbagai serangan dapat saja menimpa suatu jaringan komputer, apalagi jika jaringan tersebut terhubung terhubung zona umum atau internet. Contoh serangan yang mungkin timbul antara lain :

  • melakukan interupsi atas data yang sedang dikirim
  • memodifikasi data yang sedang dikirim
  • mengakses suatu program atau data pada komputer remote
  • memodifikasi program atau data komputer remote
  • melakukan penyisipan komunikasi palsu seperti user lain
  • melakukan penyisipan komunikasi sebelumnya secara berulang-ulang
  • menahan data tertentu
  • menahan semua data
  • menjalankan program di komputer remote
Istilah yang dipakai untuk menyebut pelaku serangan
mundane : mengetahui hacking tapi tidak mengerahui metode dan prosesnya.

lamer ( script kiddies ) : mencoba script – script yang pernah dibuat oleh hacker dengan cara download dari internet atau dari sumber yang lain, tapi belum paham cara membuatnya.

Wannabe : memahami sedikit metode hacking , menerapkan dan sudah mulai berhasil menerobos. Pelaki beranggapan HACK IS MY RELIGION.

Larva (newbie) : hacker pemula , mulai menguasai dengan baik teknik hacking , dan sering bereksperimen.
Hacker : melakukan , hacking sebagai suatu profesi.

Wizard : hacker yang membuat komunitas, bertukar ilmu di antara anggota.
Guru, master of the master hacker : hacker dengan aktifitas lebih mengarah pembuatan tools-tools powerfull guna menunjang aktivitas hacking

serangan terhadap jaringan komputer dapat dikelompokan dalam beberapa jenis antara lain :

interruption : pemutusan komunikasi. Dilakukan dengan cara memutus kabel, membuat layanan sibuk sehingga komunikasi sulit ( Denial of Service DoS), menghabiskan bandwith dengan membanjiri data ( network flooding ), melakukan spoofed originating address. Tools yang dipakai antara lain : ping broadcast, smurf, synk4, macof, various flood utilities.

Interception : berusaha mendapatkan password atau data sensitif lain. Tools yang dipakai antara lain : tcpdump, ngrep, linux sniffer, dsniff, trojan (BO, Subseven).
modification : melakukan perubahan ( termasuk menghapus, mendelay ) terhadap data atau program. Serangan ini dapat dilakukan dengan virus atau trojan horse yag ditempelkan pada email atau website.
Fabrication : melakukan pemalsuan pesan. Misal pengiriman email oleh user palsu, spoofed packet. Berbagai pakcet construction kit dapat dipakai sebagai tools.

Read More..

Minggu, 08 Mei 2011

Cara menghapus virus Copy of Shortcut + Recycler

Waduh dah lama banged gw ga update nih blog.. hhehehe..
kali ini gw ingin share cara mengapus virus Copy of Shortcut. virus ini lagi tenar di campus gw.. hahaha... susah banged cara hapusnya... dah gw periksa file2nya.. ampe ke dalem2.. tetep ajah masih nongol tuh virus.. nah untungnya ane nemuin antivirus yang bisa hapus nih virus... cekibroot

1. Download File ISO Dr.Web LiveCD terlebih dahulu, klo belum punya silahkan download di SINI

2. Setelah software Dr.Web LiveCD berhasil di download, burn kedalam CD/DVD.

3. Hubungkan USB Flash dan HDD eksternal ke komputer.

4. Booting komputer melalui CD/DVD ROM.

5. Kemudian akan muncul layar “Welcome to Dr.Web LiveCD”.


booting Dr.Web LiveCD
6. Pilih “Dr.Web LiveCD (Default)” kemudian tekan tombol “Enter” pada keyboard.

7. Tunggu beberapa saat sampai muncul interface Dr.Web LiveCD yang akan menampilkan aplikasi “Dr.Web Scanner” secara otomatis. Dr.Web Scanner ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan terhadap komputer anda dari kemungkinan adanya virus.


Dr.Web LiveCD
8. Untuk Scan HDD, pada layar “Dr.Web Scanner” pilih lokasi Drive yang akan di periksa dan pastikan anda check list opsi “Scan subdirectories” agar Dr.Web dapat melakukan pemeriksaan terhadap direktori dan subdirektori agar pembersihan lebih optimal. Jika layar Dr.Web Scanner tidak muncul klik ganda icon “Dr.Web Scanner” yang terdapat pada Desktop.

9. Kemudian klik tombol [Start] untuk memulai proses pemeriksaan (scan).

10. Tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai dilakukan. Jika ditemukan adanya virus, Dr.Web akan menginformasikan file yang terinfeksi dan jenis virus yang menginfeksi pada kolom informasi virus yang tersedia.

11. Klik tombol [Select All] untuk memilih semua objek/file yang akan di bersihkan atau Anda dapat menentukan file mana saja yang akan Anda bersihkan dengan check list pada opsi yang tersedia.

12. kemudian klik tombol [Cure] untuk membersihkan file yang telah terinfeksi virus.

13. Tunggu sampai proses pembersihan selesai dilakukan.

14. Scan ulang komputer untuk memastikan komputer bersih dari virus.

15. Restart komputer.

Insya allah virus copy of shortcut + recycler sudah hilang dari PC anda.

NB : Scannya membutuhkan waktu yang lumayan lama... jadi klo mau scan kira2 klo pc lagi ga dipake...

Read More..

Sabtu, 07 Mei 2011

Belajar Dari Pocari Sweat : Kegagalan Itu Biasa, Terus Berusaha Baru Luar Biasa

Kalian pasti tau kan Minuman Isotonik Pocari Sweat? Ya, minuman ini memang cocok banget buat kalian yang aktif dan sayang sama tubuh. Tapi taukah kalian gimana sejarahnya minuman hebat ini? Let's read ! :)

Pada tahun 1973 di Pabrik Otsuka Pharmaceutical Tokushima Jepang, Akihiko Otsuka, cucu dari pendiri pabrik Otsuka Group, bertekad untuk menciptakan suatu produk yang belum pernah ada sebelumnya. Pada saat itu munculah ide dari Rokuro Harima, Penanggungjawab Pengembangan Minuman di pabrik Otsuka, untuk menjadikan cairan infus sebagai minuman. Hal ini didasarkan pada pengalamannya beberapa waktu silam saat Ia berada di Mexico. Ia yang saat itu sedang melakukan survey buah-buahan tropis dalam rangka pengembangan minuman terbaru, malah terkena penyakit diare. Namun karena sanitasi di Mexico pada saat itu sedang buruk, dokter memberikan obat dan air soda. Harima langsung terpikir, seandainya saja ada fasilitas infus dirumah sakit ini masalahnya akan selesai. Ia kemudian teringat, Ia pernah melihat seorang dokter tengah meminum cairan infus untuk mengganti cairan tubuhnya setelah melakukan operasi yang menghabiskan waktu berjam-jam. Ia kemudian terinspirasi untuk membuat minuman dari cairan infus, apalagi pabrik Otsuka merupakan pabrik yang memproduksi cairan infus. Tapi Akihiko beranggapan, pada saat itu belum waktunya.

Tahun 1976, Akihiko Otsuka menjadi presdir ke-3 Otsuka Pharmaceutical. Ia memanggil Harima dan seorang staf peneliti bernama Akihisa Takaichi. Akihiko meminta mereka untuk menciptakan minuman cairan infus yang pernah diusulkan oleh Harima, karena pada saat itu olahraga jogging sedang tren di Jepang. Akihiko ingin menciptakan minuman kesehatan yang komposisinya sama dengan keringat sehingga bisa menambah elektrolit yang hilang dari tubuh akibat beraktivitas. Harima menyerahkan pengembangan minuman kesehatan tersebut kepada Takaichi. Takaichi yang merasa mendapatkan tanggung jawab, langsung melakukan penelitian. Pertama-tama Ia menuju ke tempat sauna. Disitu Ia berusaha memahami apa itu keringat dan mengambil sample keringat yang dihasilkan tubuhnya selama berada di tempat sauna. Lalu Ia berjalan-jalan disekitar perusahaan dan mengambil sample keringat yang keluar dari tubuhnya. Ia membandingkan kedua sample tersebut. Kemudian Ia memeriksa kadar garam masing-masing sample. Keringatnya di tempat sauna memiliki kadar garam yang lebih tinggi dibandingkan kadar garam keringatnya setelah berjalan-jalan. Ia berkesimpulan untuk menciptakan minuman yang kadar garamnya seperti pada keringat saat berjalan-jalan agar minuman yang diciptakannya dapat di konsumsi sehari-hari.
Namun membuat minuman ini ternyata tidak mudah, pernah terlalu pahit, pernah juga terlalu manis. Sudah hampir 3 tahun berlalu sejak pengembangan minuman ini dimulai, sudah lebih dari 1000 kali Takaichi mencoba membuat komposisi minuman ini, namun belum mendapatkan rasa yang pas.
Namun Takaichi tidak putus asa hingga pada suatu hari, ketika seorang karyawan menawarkan segelas minuman serbuk instan rasa jeruk, Akihiko mencampurkan kedua minuman tersebut dan tanpa diduga menghasilkan rasa yang pas. Takaichi semakin mendalami penelitiannya. Akhirnya pada tahun 1979, Takaichi berhasil membuat minuman kesehatan dengan rasa yang pas, dengan kadar gula 6,2%.

Pada bulan April 1980, penjualan Pocari Sweat dimulai, tapi karena rasanya yang dinilai agak aneh, minuman ini sempat mendapat respon yang buruk dari konsumen. Menghadapi kenyataan ini, Akihiko malah mengambil kebijakan yang mengejutkan. Yaitu dengan menyuruh tim marketing membagikan Pocari Sweat secara gratis dalam jumlah yang tidak terbatas.

Tim marketingpun melaksanakan tugasnya dengan sangat baik. Mereka membagikan Pocari Sweat di tempat orang-orang banyak berkeringat. Sambil dibagikan, mereka juga memberikan penjelasan singkat agar konsumen bisa lebih memahami konsep rasa dan kegunaan Pocari Sweat itu sendiri. Akibat pembagian gratis ini, perusahaan sempat mengalami kerugian sebesar Rp. 400 Miliar. Akan tetapi, Akihiko tetap optimis. Ia percaya semua usaha mereka akan berbuah manis dikemudian hari.

Pada tahun 1981, saat Jepang sedang mulai memasuki musim panas, Pocari Sweat tiba-tiba mulai laris secara drastis. Di tahun kedua penjualannya, Pocari Sweat berhasil memperoleh Rp. 2,6 Trilyun. Keyakinan dan kerja keras Akihiko Otsuka akhirnya memang berbuah dengan sangat manis. Pocari Sweat mulai banyak digemari bahkan sampai ke 16 negara! Wow! Keren ya!!! Nah, karena komposisi Pocari Sweat yang mirip cairan tubuh, minuman ini cocok banget buat diminum di Indonesia yang beriklim tropis.

Ternyata seru kan sejarahnya? Dari cerita ini, kita bisa dapet banyak pelajaran :

Jangan pernah putus asa dan setengah-setengah dalam melakukan suatu upaya. Karena dengan keyakinan dan kerja keras, kita pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Kegagalan itu biasa, terus berusaha itu baru luar biasa! Hehe…

GO ION!!!

Read More..

Download menggunakan Internet Download Manger di Mozilla firefox 4

firefox 4 merupakan versi terbaru dari firefox tapi ada kendala bagi download maniak yaitu kurang kompatibel dengan Internet Download Manager... saya akan share agar Extensi Internet Download Manger bisa dipakai di Mozilla firefox 4.
1. Download addons Flashgot
2. install
3. restart firefox... sekarang coba download.. apabila ada pilihan pilih menggunakan Flashgot...

Read More..
seo tools

Is your web page optimized? Test it now:

  URL:
(Example: www.domain.com)
  Keyword: